RECENT NEWS

CSS

Pengenalan Web Server dan Server Side Scripting


Hallo teman-teman rekayasa perangkat lunak (RPL) saya newbie yang ingin berbagi pengetahuan dan mencoba menjadi bloger mencoba menuliskan di situs sederhana ini semoga bermanfaat yaa teman-teman mari saling berbagi.

Internet merupakan salah satu fenomena paling berpengaruh dalam beberapa dekade terakhir ini, baik bagi perkembangan teknologi itu sendiri maupun bagi perkembangan disiplin ilmu lain, seperti ekonomi, politik, sosial dan budaya. Perkembangan internet juga berpengaruh langsung terhadap perkembangan situs web. Di awal kemunculannya, internet maupun situs web belum begitu populer karena layanannya yang masih terbatas. Namun lihatlah saat ini, situs web sudah demikian populer dan layanannya pun beragam, mulai dari situs berita seperti Detik.com dan Okezone.com, situs penyedia email seperti Yahoo dan Gmail, sampai situs pertemanan (social networking) seperti Twitter dan Facebook.

Dalam kaitannya dengan situs web dan layanan di dalamnya tidak lepas dari teknologi di baliknya, yaitu pemrograman web, desain web dan database. Salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk membangun suatu situs web adalah PHP (http://www.php.net). Penggunaannya saat ini bahkan sudah mencapai 25 juta situs web. Sedangkan dari sisi database, penggunaan MySQL (http://www.mysql.com) masih juga mendominasi dalam aplikasi berbasis web. Oke langsung saja kali ini saya akan membahas tentang pengenalan web server dan server side scripting.

Web Server 

Web Server merupakan sebuah perangkat lunak dalam server yang berfungsi menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali (response) hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.



Beberapa Web Sever yang banyak digunakan di internet antara lain :
 1. Apache Web Server (http://www.apache.org)
 2. Internet Information Service, IIS (http://www.microsoft.com/iis)
 3. Xitami Web Server (http://www.xitami.com)
 4. Sun Java System Web Server
 (http://www.sun.com/software/products/web_srvr /home_web_srvr.xml)

Server Side Scripting

Server Side Scripting merupakan sebuah teknologi scripting atau pemrograman web dimana script (program) dikompilasi atau diterjemahkan di server. Dengan server side scripting, memungkinkan untuk menghasilkan halaman web yang dinamis.  
Beberapa contoh Server Side Scripting (Programming) :

5. ASP (Active Server Page) dan ASP.NET
6. ColdFusion (http://www.macromedia.com/software/coldfusion)
7. Java Server Pages (http://java.sun.com/products/jsp/)
8. Perl (http://www.perl.org)
9. Phyton (http://www.python.org)
10. PHP (http://www.php.net)  

Keistimewaan PHP
  • Cepat
  • Free 
  • Mudah dipelajari 
  • Multi-platform 
  • Dukungan technical-support 
  • Banyaknya komunitas PHP 
  • Aman  
Instalasi Apache, PHP dan MySQL dengan XAMPP

Proses instalasi Apache, PHP dan MySQL seringkali menjadi kendala terutama bagi pemula yang baru belajar pemrograman web dengan PHP. Hal tersebut disebabkan karena software tersebut harus diinstall dan dikonfigurasikan satu per satu. Bagi belum mengerti benar, tentu sering mengalami kesulitan, apalagi bagi kita yang belajar secara mandiri. Namun jangan berkecil hati, saat ini banyak tersedia aplikasi paket yang menyatukan ketiga software tersebut (Apache, PHP dan MySQL) ke dalam satu installer.
Proses instalasinya pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, hanya perlu next, next, and finish. Beberapa aplikasi paket tersebut antara lain:

1. XAMPP (versi Windows) dan LAMPP (versi Linux) yang dapat didownload di http://apachefriends.org
2. WAMP Server.
3. APPServ
4. PHPTriad.

Penulis sendiri menyarankan pemakaian XAMPP atau WAMP Server karena versi software di dalamnya menggunakan versi terbaru.

Ok sampai disni dulu ya teman-teman pantengin terus situs ku ya biar newbie ini bisa berbagi pengetahuan tunggu lanjutan nya ya :) semoga bermanfaat
 

Pengenalan Web Server dan Server Side Scripting Reviewed by Unknown on 03.54 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Desakoding © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.